Beberapa manfaat buah naga terutama untuk ibu hamil

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Newstfi.com - Buah naga yang sudah dibudidayakan di Indonesia yang berasal dari Amerika Tengah ternyata mempunyai beberapa manfaat

070318 ii Manfaat Buah Naga coveryang sangat kaya dengan vitamin dan bermanfaat untuk ibu hamil. Buah naga dengan panjang sekitar 10-15 cm dengan berat 350 gram. Daging buah ini dapat berwarna merah atau putih dengan biji hitam kecil bertebaran di dalamnya. Rasa buah ini disebut asam-manis ringan.
Mengapa Buah Naga Bermanfaat untuk Ibu Hamil?

Buah naga mengandung vitamin C, karbohidrat, lemak sehat dan antioksidan yang bermanfaat untuk ibu hamil.
Buah-buahan termasuk buah naga adalah salah satu zat penting untuk kesehatan karena kandungan serat dan vitaminnya. Berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil dilihat dari sisi nutrisinya di dalam setiap 100 gram sajiannya.

Kaya vitamin C
Saat hamil, vitamin C merupakan salah satu zat penting yang perlu dimasukkan dalam diet. Vitamin C dapat mempercepat luka sembuh serta baik untuk perkembangan gigi dan tulang yang mendukung pertumbuhan bayi dalam kandungan.
Vitamin C juga membantu memperlancar metabolisme untuk pencernaan yang sehat. Ibu hamil dianjurkan mengonsumi 85 mg vitamin C per hari. Dan buah naga kaya vitamin C di mana dapat memasok 34% kebutuhan harian per sajiannya.
Sumber vitamin C lain bisa kamu dapatkan dari sayuran seperti paprika merah dan brokoli.

Sumber karbohidrat
Wanita hamil sebaiknya makan 9 hingga 11 sajian karbohidrat per hari. Setidaknya sekitar 80 kalori atau 15 gram karbohidrat dalam satu sajian. Buah naga merupakan sumber karbohidrat alami di mana per sajian mengandung sekitar 14 gram karbohidrat atau 62 kalori.
Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi untuk kamu dan bayi agar terus berkembang. Untuk memenuhi konsumsi yang direkomendasikan, coba tambah dari roti gandum, oat dan sayuran lainnya.

Lemak sehat
Sebagai wanita hamil, simpanan lemak dalam tubuh diperlukan. Selain untuk kebutuhan harian, tumpukan lemak akan digunakan untuk sumber energi saat melahirkan dan menyusui di kemudian hari.

Lemak sehat (tak jenuh) bisa kamu dapatkan dari buah dan sayuran termasuk buah naga. Buah ini mengandung 0,4 gram lemak per sajian.
Kandungan lemak dalam buah ini juga termasuk asam lemak esensial linoleic dan linolenic yang penting untuk perkembangan otak bayi.

Antioksidan
Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi jaringan dan bantu tubuh menyerap zat besi serta menguatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan juga disebut sebagai zat penangkal kanker, mengontrol kolesterol sehat, dan mengembangkan kesehatan otak.
Buah naga mengandung beberapa tipe antioksidan yaitu betalains, hydroxycinnamates dan flavonoids. Selain dari buah naga, kamu bisa dapatkan antioksidan dari brokoli, bayam, dan teh hijau.

Sumber serat
Wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 20 hingga 35 gram serat per hari untuk mencegah terjadinya sembelit dan wasir. Buah naga mengandung 3 gram serat per sajian. Kamu bisa jadikan potongan-potongan kecil buah ini sebagai camilan atau tambahan di salad.

Kandungan zat besi
Kekurangan zat besi sebabkan anemia. Ibu mengandung dianjurkan mengonsumsi 27 mg zat besi per harinya. Selain dari daging merah, bayam dan kacang, kamu juga bisa dapatkan juga zat bergizi ini dari buah naga yang menyuplai 10,6% kebutuhan zat besi harian.

Sumber berbagai zat pendukung lain
Buah naga turut mengandung riboflavin yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan fetus dimana ibu hamil membutuhkan 1,6 mg/ hari nya. Thiamin yang baik untuk metabolisme, perkembangan otak, sistem saraf dan jantung juga bisa diperoleh di buah ini.

Untuk mengonsumsi buah naga kamu juga tidak perlu repot-repot mengolahnya. Kamu bisa mengonsumsinya langsung dengan memotong dalam bentuk dadu, menyendok dagingnya, atau mengolahnya menjadi jus. (ii)

Tags:

Search