DPP ISTANA RAYA NUSANTARA SOROTI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DINAS PU SDA KABUPATEN MALANG PASCA PENGGELEDAHAN KPK

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Malang, Newstfi.com - Pasca Penggeledahan KPK, Komisi Pemberantasan Korupsi sepekan lalu, yang dilakukan di berbagai Kantor Pemerintahan Kabupaten Malang,

tampak Gerbang Utama Pintu Masuk satu-satunya ke Kantor Dinas PU Sumber Daya Air Kabupaten Malang masih tertutup rapat, hingga Senin (22/10).

Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan bagi masyarakat, demikian pula dialami oleh para Awak Media yang menjadi sangat geram, karena perlakuan dan kondisi yang diciptakan ini, menghalangi kerja para awak media untuk menggali informasi hal-hal yang terkait dengan penyerapan anggaran dalam berbagai bentuk program kerja yang telah dicanangkan oleh kantor tersebut kepada kepentingan publik, yang tersebar dalam bentuk berbagai pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Kabupaten Malang.

Setiap hendak masuk ke Kantor Dinas PU Sumber Daya Air Kabupaten Malang, atau Kantor Dinas Pengairan yang lebih akrab selama ini ditelinga masyarakat tersebut, tampak dari balik gerbang selalu dihadang oleh arogansi oknum Satpol PP dengan mengatakan, “Kepala Dinas dan Para Pimpinan Kantor Dinas sedang tidak ada ditempat,” katanya.
Tak sampai disitu saja, diketahui pada hari-hari sebelumnya para awak media setiap ke Kantor tersebut juga selalu menghadapi arogansi oknum Satpol PP dari balik gerbang dan mengatakan, “Tidak bisa menemui para Pimpinan dan Staf Kantor Dinas PU SDA,” ujar Oknum Satpol PP.
Anehnya, salah satu Oknum Satpol PP lainnya yang turut menjaga Gerbang Utama Pintu Masuk Kantor Dinas Pengairan ini mengatakan, “Tidak bisa masuk mas, karena disini masih jadi pantauan KPK,” katanya.

Sementara itu, diketahui bahwa seluruh Kantor Dinas yang turut digeledah KPK beberapa waktu lalu, tampak tidak melakukan tindakan yang diberlakukan oleh Kantor Dinas Pengairan ini, bahkan seluruh Kantor Dinas tersebut membuka lebar-lebar kantornya dan semakin meningkatkan kualitas pelayanan publik, termasuk memberikan ruang sebebas-bebasnya kepada Crew Media Massa untuk menjalankan fungsinya meliput dan sebagainya di masing-masing kantor tersebut.

22 dpp istana soroti pu.sda.1Terkait permasalahan ini, Ketua Umum DPP ISTANA RAYA NUSANTARA Libert Ediaman Sidabutar, yang belum lama ini diketahui baru kembali dari agenda sinergitas kantornya dengan Kantor Staf Presiden RI di Jakarta, saat di konfirmasi Awak Media, pihaknya sangat geram terhadap Aturan dan Perlakuan Kondisi yang diberlakukan oleh Kantor Dinas PU SDA Kabupaten Malang tersebut, yang telah melarang masuk para pemburu berita.

“Seharusnya tidak boleh demikian, walaupun Kantor Dinas PU SDA itu sudah di geledah oleh KPK, maka setelahnya kantor harus tetap terbuka untuk umum, pelayanan publik harus kembali berjalan normal dan rutinitas hilir mudik para awak media ke kantor tersebut juga harus kembali berjalan seperti biasanya,” kata Libert Ediaman Sidabutar.

Ia juga menjelaskan, “Bila saat penggeledahan yang dilakukan oleh KPK, Benar semua harus steril (gerbang utama /semua pintu masuk ditutup-Red) dan itu kita harus dukung penuh, sebab KPK sedang melakukan tugasnya. Setelah semua tugas KPK itu usai, maka sesuai Undang-undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Pelayanan Masyarakat harus tetap berjalan, maka itu Gerbang Utama dan seluruh pintu masuk ke Kantor tersebut harus terbuka untuk publik,” papar Liber Ediaman Sidabutar.

“Saya juga sudah berkali-kali telfon PLT Kepala Dinas PU SDA, Avi untuk Klarifikasi hal ini, tapi sayangnya, nomernya selalu di Alihkan,” kata pria asal Batak itu.
Ia juga melalui media ini menyampaikan, “PLT. Bupati Malang, H. Sanusi, harus segera memanggil PLT. Kepala Dinas PU SDA ini, dan meminta penjelasan yang lengkap atas tindakan dan aturan yang diberlakukannya itu, karena setahu kami hal tersebut tidak ada dalam ketentuan dan arahaan dari Pimpinan Kabupaten Malang, Gubernur Jawa Timur, bahkan dari Menteri Dalam Negeri RI. Terlebih setahu kami, tidak ada juga terdengar bila Pimpinan, Staf dan Karyawan Kantor Dinas PU SDA Kabupaten Malang, terancam jiwanya atau sedang dalam tekanan ancaman, dalam menjalankan rutinitas pekerjaannya untuk menjalankan pelayanan publik di kantor Dinas Pengairan tersebut,” tegas Libert.

Ia juga menyampaikan, “Para awak media, harus mempublikasikan hasil pertemuan PLT. Bupati Malang, H. Sanusi dengan PLT. Kepala Dinas PU SDA tersebut, terkait dengan semua perlakuan ditutupnya selalu Gerbang Utama /Pintu Masuk ke Kantor Dinas Pengairan ini untuk Umum, juga penjelasan tentang perlakuan arogansi para oknum Satpol PP tersebut,” tegas Libert Ediaman Sidabutar, Ketua Umum ISTANA RAYA NUSANTARA. (Irlish)

Search