• Ads2
  • Ads3

Gelombang tinggi hentikan pelayaran Karimunjawa-Jepara

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Newstfi.com - Gelombang tinggi yang melanda jalur laut Kepulauan Karimunjawa Jepara, Jawa Tengah, memaksa kapal penumpang yang

melayani rute tersebut menghentikan sementara aktivitasnya.“Penghentian aktivitas pelayaran dimulai sejak Senin (18/12) karena ketinggian gelombang di laut cukup tinggi,” kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jepara Suripto di Jepara, Rabu (21/12).

Ia mengatakan ketinggian gelombang laut saat ini mencapai 2,5-an meter, sedangkan kecepatan angin mencapai 25 knot.Selain karena ketinggian gelombang laut yang cukup tinggi, kata dia, dengan kecepatan angin yang mencapai 25 knot juga membahayakan aktivitas pelayaran.

Untuk itu, lanjut dia, Pelabuhan Jepara ditutup sementara karena cuaca di laut saat ini belum mendukung aktivitas penyeberangan ke Karimunjawa.

Penutupan Pelabuhan Jepara tersebut, tercatat sudah dua kali karena pada 28 November 2017 juga ditutup sementara dan baru dibuka kembali pada 3 Desember 2017 lantaran cuaca laut normal kembali, sedangkan pekan ini kembali ditutup karena cuaca laut yang tidak mendukung.

Sebetulnya, lanjut dia, dua kapal penyeberangan menuju Karimunajwa, yakni Kapal Motor Siginjai dan Express Bahari dengan ketinggian gelombang 2,5 meter tidak berpengaruh signifikan, hanya saja untuk kecepatan angin yang mencapai 25 knot tentu membahayakan.

Terkait cuaca buruk tersebut, katanya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah mengeluarkan peringatan cuaca buruk. Oleh karena itu, dia mengingatkan, para nelayan untuk tidak nekat melakukan aktivitas pelayaran, karena sangat membahayakan keselamatan jiwa.

“Larangan melakukan aktivitas di laut diharapkan dipatuhi karena demi keselamatan,” ujarnya. Kebijakan yang diterapkan tersebut, tidak kaku karena sifatnya tentatif. “Apabila cuaca laut kembali normal, kami kembali memberikan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) untuk kapal penyeberangan maupun nelayan,” katanya. (Team)

 

Bencana

  • Sendang Biru
  • Mercy
  • ISTANA RAYA NUSANTARA
  • Sintal
  • Ads
©2018 News TFI. All Rights Reserved.

Search