• Ads2
  • Ads3

Kemenristekdikti RI : Tumbuhkan Nilai nilai Bela Negara

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Newstfi.com – Kemenristekdikti RI senantiasa mendorong setiap perguruan tinggi untuk menanamkan nilai dasar kebangsaan 

bela negara baik melalui kurikulum, kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler.Paristiyanti Nurwardani Direktur Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti mengatakan, “Skemanya adalah dari kurikulum yang diselipkan pada kegiatan pembelajaran yang kemudian berkembang menjadi budaya kampus, integrasi pada kegiatan kemahasiswaan, hingga pembiasaan pada kehidupan keluarga dan masyarakat,” katanya, di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (20/12).

Hal itu, menurutnya, penting dilakukan karena bangsa Indonesia saat ini tengah menghadapi berbagai permasalahan mulai dari rendahnya rasa cinta tanah air, radikalisme, intoleransi, narkoba, pengangguran, hingga ketidaksiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
“Kritik terhadap lulusan sarjana Indonesia adalah kurang kemampuan bahasa Inggris, karakter kepemimpinan, kemampuan organisasi, komunikasi, dan teknologi informasi,” katanya.

Oleh sebab itu, perguruan tinggi memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan SDM yang unggul karena bela negara tidak mungkin dapat dilakukan tanpa memiliki kompetensi yang unggul untuk bersaing dengan SDM dari negara lain.

Ia juga menegaskan bahwa konsep bela negara tidak terbatas pada keterlibatan dalam militer karena bela negara dapat dilakukan semua orang dalam profesinya masing-masing. “Mengabdi sesuai profesinya,” tegasnya.

Sementara Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, Enny Nurbaningsih mengatakan dukungan regulasi menjadi faktor penting dalam upaya bela negara. Segenap lembaga pemerintah juga perlu bersinergi dalam menghadapi berbagai ancaman bangsa.

 

“Saat ini problem ego sektoral masih kuat dalam kementerian dan lembaga, dan ini adalah sesuatu yang harus diubah,” katanya.

Dunia Kuliah

Prestasi

  • Sendang Biru
  • Mercy
  • ISTANA RAYA NUSANTARA
  • Sintal
  • Ads
©2018 News TFI. All Rights Reserved.

Search